.

Membentuk anak Yang Tangguh

Anak yang tangguh akan tidak mudah putus asa serta lari dari kenyataan dan tidak mudah terjerumus pada hal - hal negatif. Anak yang tangguh memiliki kemampuan menghadapi masalah serta mencari dan menemukan solusi efektif bagi persoalan yang dihadapinya dengan intelektualitas tetapi juga perlu pendekatan sosial dan emosi.

Berikut kunci menuju ketangguhan anak diantaranya adalah:

1. KEMANDIRIAN

Orang tua hendaknya memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar mndiri dengan tujuan agar ia mampu membantu dirinya sendiri.

2. KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH

Biarkan anak menemukan sendiri solusi dari masalahnya. Bagaimanapun orang tua harus menstimulasi anak untuk berpikir kreatif menemukan beberapa alternatif solusi.

3. MOTIVASI

Motivasi yang dimiliki anak menunjukkan adanya keinginan dan kemampuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. EMPATI DAN RASA PEDULI

Empati mendorong anak merasakan apa yang dirasa orang lain atau bisa menenpatkan diri pada posisi orang lain.

5. KEMAPUAN BERSOSIALISASI

Kemampuan bersosialisasi anak dengan lingkunganna juga menentukan ketangguhannya. Dalam bersosialisasi anak akan menemukan berbagai masalah dan tantangan dari lingkungannya.

6. KETRAMPILAN BERKOMUNIKASI

Ketrampilan berkomunikasi dibutuhkan seoarang anak yang tangguh dalam menghadapi lingkungannya serta anak akan terhindar dari kesalahpaham sehari-hari.

7. POLA ASUH

Pola asuh terkait erat dengan ketangguhan seorang anak, termasuk bagaimana cara orang tua menstimulasi anak supaya terbiasa menghadapi masalah, tidak rentan atau mudah putus asa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar