.

PENDIDIKAN ANAK MENURUT ISLAM

Pendidikan iman adalah mengikat anak dengan dasar-dasar iman, membiasakannya sejak mulai paham rukun islam. Dalam mengikat anak dengan dasar-dasar iman, rukun-rukun islam dan hukum-hukum syariat, berikut ini adalah petunjuk-petunjuk dan wasiat-wasiat rasulullah SAW yang paling penting.

1) Perintah mengawali (mendidik anak) dengan kalimat “LA ILAHA ILALLAH”

Diriwayatkan Hakim dan Ibnu Abbas r.a dari Nabi SAW bahwa beliau bersabda :

“Mulailah (mendidik) bayi-bayi kalian dengan kalimat La Ilaha Illallah”. Rahasianya adalah agar kalimat tauhid dan syar masuk islam merupakan yang pertama kali didengar oleh anak, yang pertama kali diucapkan oleh lidahnya, dan agar merupakan kata-kata dan lafah-lafah yang pertama kali dipahami.

2) Mengenalkan hukum halal-haram yang pertama kali dipahami

Hadis yang dikeluarkan Ibnu Taris dan Ibnu Mundzir, dari hadis Ibnu Mas’ud. Bahwa Nabi bersabda :

“Taatlah kalian kepada Allah dan takutlah berbuat maksiat kepada-Nya. Perintahlah semua anak kalian untuk mengerjakan yang diperintahkan dan menjauhi yang dilarang karena hal itu merupakan benteng bagi mereka dan bagimu sekalian dari api neraka”.

Rahasianya adalah agar sejak pertumbuhannya, anak membuka kedua matanya terhadap perintah-perintah Allah, bergairah untuk melaksanakannya. Membuka kedua matanya terhadap larangan-laranganNya, dilatih untuk meninggalkannya sejak ia dapat memahami hukum-hukum hala dan haram.

3) Menyuruh beribadah sejak berusia 7 tahun.

Sebagaimana diriwayatkan Hakim dan Abu Daud dari Ibnu Amas bin Ash, dari Rasulullah SAW, beliau bersabda :

“Perintahlah anak-anak kalian melakukan shalat sejak mereka berumur tujuh tahun, dan pukullah mereka(bila enggan melakukannya) saat mereka berusia 10 tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka”

Rahasianya adalah agar sejak pertumbuhannya, anak-anak belajar tentang hokum-hukum semua ibadah dan terbiasa melaksanakannya sejak dini sehingga ia terdidik untuk taat kepada Allah SWT.

4) Mendidiknya untuk mencintai Rasulullah SAW, mencintai ahli baitnya, dan mencintai Al-quran.


Nabi SAW bersabda :

“Didiklah anak-anak kalian dengan tiga sifat: mencintai nabi kalian, mencintai keluarganya, mencintai baca al-quran. Sesungguhnya pembaca dan pengamal Al-quran dinaungi Allah pada hari itu tidak ada satupun naungan selain naunganNya. Bersama nabi dan orang-orang suci”.

Rahasianya ialah, agar anak-anak dapat mengidentifikasi diri mereka dengan sejarah perjalanan generasi terdahulu dalam hal pergerakkan, kepahlawanan dari jihad, agar mereka terikat oleh sejarah secara emosional, kejayaan, dan kebanggaan, adan agar mereka terikat oleh al-quran secara spiritual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar