.

DUNIA INTERNET BAGI SI KECIL

Kebutuhan akan informasi yang akurat dan selalu baru (up to date) membuat internet menjadi sumber informasi yang murah dan mudah diperoleh. Bahkan, seolah-olah informasi tersebut tidak ada habis-habisnya. Tak hanya mencari data, kita juga bisa mengirim email, mencari teman bahkan bermain game.

Bila kita membuka internet, seolah-olah kita masuk ke sebuah perpustakaan yang amat besar. Hampir semua informasi ada di sana. Mulai informasi yang ada di daerah sekitar, sampai informasi di ujung dunia. Bukan saja informasi yang kita dapatkan, teman dari negara lainpun bisa menjadi sahabat kita.

Tapi kita harus hati-hati , karena banyak penjahat bereaksi di balik internet. Makin hari internet makin digemari. Sebagian menggunakan sebagai ajang berkomunikasi. Kegemaran berinteraksi dengan teman disegala penjuru dunia menjadi cara baru mencari teman baru. Namun, masuk dunia maya tak jauh beda dengan masuk hutan belantara. Artinya, kita juga harus tahu trik. Tujuannya tak lain adalah agar kita tidak salah jurusan atau masuk ke tempat yang bukan menjadi tujuan kita.

Oleh karena itu bagi para orang tua dan guru penting kiranya untuk mengetahui sejauh mana tahapan pengenalan internet dapat kita berikan kepada anak-anak sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka,


Tahapan Pengenalan Internet Berdasarkan Usia Anak


Usia 2 – 4 tahun
  1. Dalam usia balita ini, anak-anak yang memulai berinteraksi dengan komputer harus didampingi dengan orang tua atau orang dewasa. Dalam arti anak usia ini harus melakukan surfing bersama orang tua. Tujuannya selain untuk keselamatan juga untuk meyakinkan bahwa anak tersebut bisa mendapatkan pengalaman yang menyenangkan sekaligus memperkuat ikatan emosional antara sang anak dengan orang tua.
  2. Dalam usia 4 tahun, beberapa anak akan mendapatkan keuntungan jika mendapatkan lebih banyak kebebasan untuk melakukan eksplorasi, menemukan pengalaman baru dan belajar dari kesalahan yang dibuatnya sendiri. Namun bukan berarti mereka bisa menggunakan internet secara bebas, yang terbaik orang tua harus tetap memilihkan situs-situs yang cocok untuk mereka kunjungi dan tidak membiarkan anak untuk keluar dari situs tersebut. Ingat orang tua juga tidak harus selalu mendampingi sepanjang waktu, selama orang tua yakin bahwa sianak berada pada sebuah situs yang aman dan layak terpercaya.

Usia 4 – 7 tahun
  1. Dalam usia ini anak-anak mulai tertarik untuk melakukan eksplorasi sendiri. Meskipun demikian peran orang tua masih sangat penting untuk mendampingi anak ketika menggunakan internet.
  2. Orang tua harus mempertimbangkan untuk memberikan batasan-batasan situs yang boleh dikunjungi, berdasarkan pengamatan orang tua sebelumnya. Untuk mempermudah hal tersebut orang tua bisa menyarankan kepada anaknya untuk menjadikan sebuah directory atau search engine khusus anak-anak sebagai situs yang wajib dibuka saat pertama kali terhubung dengan internet

Usia 7 – 10 tahun
  1. Dalam masa ini, anak-anak mulai mencari informasi dan kehidupan sosial di luar keluarga mereka. Inilah saatnya dimana tekanan pertemanan dan kelompok bermain menjadi pengaruh yang signifikan. Pada usia ini anak mulai meminta kebebasan lebih banyak dari orang tua. Oleh karena itu walaupun sebagai orang tua tetap berupaya untuk mendorong anak untuk bereksplorasi sendiri, partisipasi orang tua untuk mengawasi juga tetap harus dilakukan, antara lain dengan menempatkan komputer di ruang yang mudah diawasi, semisal di ruangan keluarga.
  2. Mempertimbangkan untuk menggunakan software filter dan memasang search engine khusus anak-anak sebagai situs yang boleh dikunjungi atau menggunakan browser yang dirancang khusus bagi anak-anak. Focus orang tua pada usia ini bukanlah pada apa yang dikerjakan anak internet tetapi berapa lama waktu yang digunakan anak dalam menggunakan komputer.

Usia 10 – 12 tahun
  1. Pada masa pra remaja ini, banyak anak yang membutuhkan lebih banyak pengalaman dan kebebasan. Inilah saat yang tepat untuk mengenalkan fungsi internet untuk membantu tugas sekolah ataupun menemukan hal-hal ang berkaitan dengan hobi mereka.
  2. Orang tua juga harus memperhatikan situs apa yang mereka lihat dan berapa lama mereka online. Selain itu orang tua juga membantu mengarahkan kebebasan mereka
  3. Pada usia 12 tahun, anak-anak mulai mengasah kemampuan dan logika berpikir mereka, sehingga mereka akan membentuk nilai dan noma sendiri yang dipengaruhi oleh nilai dan norma yang dianut oleh kelompok pertemanannya. Sebelumnya norma keluargalah yang banyak bepengaruh. Pada usia ini sangatlah penting untuk menekankan konsep kredibilitas. Anak-anak perlu memahami bahwa tidak semua yang dilihatnya di internet adalah benar dan bernilai sebagaimana belum tentu apa yang disarankan oleh teman-temannya memiliki nilai yang positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar